Minggu, 08 Maret 2015

Pengenalan Autocad (interface)

Hallo agan agan, 

Teringat akan sebuah kehidupan semua berawal dari sebuah halaman yang kosong kemudian sedikit demi sedikit halaman itu terisi. Begitu pula dengan kemampuan seseorang tidak ada yang instan di muka bumi ini. Oleh sebab banyak diperlukan latihan dan latihan demi memperbaiki kemampuan diri. wadaw udah seperti orang ceramah saya ini, hahaha. Jadi begini gan sebenarnya yang mau saya sampaikan adalah tidak kemampuan seseorang itu yang diperoleh secara instan. Manusia berjalan itu juga membutuhkan proses. Dari hanya berbaring kemudian tengkurap, lalu merangkak kemudian merayap dan akhirnya berdiri. Itulah mengapa meskipun seorang yang belajar software otodidak musti belajar dari dasar juga karena bisa jadi ada suatu masa nanti agan-agan akan mengalami kesulitan-kesulitan dalam memecahkan solusi yang seharusnya tidak rumit menjadi rumit. Disinilah kadang saya merasa sedih, ceilaaaahhh!!!! udah kayak meme yang lagi trend. Nah, karena hal ini maka saya akan memaparkan sedikit demi sedikit tentang dasar-dasar AutoCAD. Yah mungkin penjelasannya tidak se-expert yang agan kira namun saya mencoba untuk memaparkannya secara gamblang.


Pertama-tama saya mau menjelaskan komponen apa saja yang ada di AutoCAD, untuk pengguna AutoCAD2007 maka tampilannya seperti ini.




Dan untuk 2009 keatas similar seperti ini (dalam hal ini ane memakai Autocad 2015). 


Dari gambar diatas terlihat layar berwarna hitam itu adalah area untuk menggambar, kemudian diatas command script ada 3 tab (pada Autocad 2015 berada di bawah command script) Yaitu model dan layout maksudnya adalah model adalah area menggambar dan layout adalah area untuk printing. untuk lebih jelasnya tentang layout kita akan bahas di lain kesempatan. 

Title bar adalah nama dari file yang kita kerjakan, defaultnya tittle bar diberi nama drawing 1, dan jika kita membuat dua lembar kerja biasanya diberi nama drawing 2 dan seterusnya. 

Menu bar adalah panel untuk modifikasi file seperti save, open, membuat lembar kerja baru dan lain sebagainya sedangkan pada Autocad 2015 tersedia di ikon Autocad yang berada pada pojok kiri atas.

Toolbar adalah panel yang membuat alat-alat untuk menggambar seperti line, erase, rectangle, arc dan lain-lain sedangkan pada Autocad 2015 berada pada ribbon bar. 

Command script digunakan untuk membuat perintah berupa teks yang akan kita pelajari dikesempatan yang akan datang.

Dan yang terakhir panel bar ini digunakan untuk mempermudah dalam menggambar. Untuk panel bar akan ane jelasin sekarang. 


Coba perhatikan pada panel bar diatas, bisa dilihat ada tombol panel yang menjorok kedalam itu berarti tombol tersebut sedang on dan untuk mematikannya klik tombol tersebut dan begitu pula sebaliknya.

Fungsinya :

- SNAP : Bila on maka pointer akan meloncat-loncat pada bidang gambar

- GRID : Bila on maka bidang kerja seperti kertas millimeter blok 

- ORTHO : Bila on kita hanya bisa membuat garis vertikal dan horizontal.

- POLAR : Bila on maka membantu dalam membuat garis dengan sudut tertentu

- OSNAP : Bila on maka memudahkan mencari titik tangkap sebuah objek, saran ane ini tombol dihidupin     terus saat gambar.
Cara ngidupin semua object snap : klik Kanan OSNAP > klik setting> klik select all >Ok

- OTRACK : Bila on maka mempermudah menemukan titik pusat objek.

- DYN : Bila on maka anda tidak perlu mengetik @ dalam pengetikan ordinat.

- Lwt : Bila on maka ketebalan garis yang anda pilih melalui toolbar properties akan dimunculkan.

- Model : Bila on anda sedang berada pada bidang kerja. 

Pada Autocad 2009 keatas masih sama letaknya Namun berupa ikon.


Sekian pengenalan Autocad tentang interface nya atau bisa disebut halaman kerja. Semoga bermanfaat dan selamat bereksplorasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar