Minggu, 08 Maret 2015

Pengaturan umum pada Autocad

Hallo agan agan

Setelah saya sharing ilmu tentang interface pada Autocad saatnya saya akan memaparkan tentang Pengaturan yang umum digunakan di Autocad. Tentu saja dalam sebuah program gambar terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Apalagi dalam software atau program grafis sangat diperlukan pengaturan-pengaturan untuk mempermudah dalam pembuatan gambar. Begitu juga pada program AutoCAD, ada beberapa hal yang musti diperhatikan. Misalnya, satuan apa yang akan kita gunakan. Meskipun skala disini tidak terlalu perlu karena ada beberapa CADer yang pada saat mencetak melakukan proses window atau hanya melakukan seleksi frame gambar jadi tidak perlu skalatis. Namun ada baiknya kita mengetahui bagaimana caranya merubah settingan satuan tersebut. Akan tetapi tidak hanya perngaturan satuan saja yang akan kita bahas disini, apa saja itu? Langsung aja cekidot bro!! 


Pertama cara menampilkan dan menyembunyikan toolbar pada Autocad 2007 kebawah. Sangat gampang sekali caranya cukup anda klik Kanan pada salah satu toolbar maka akan muncul list toolbar seperti dibawah ini. 


Agan cukup mencentang salah satu list yang agan inginkan, dan untuk menyembunyikannya cukup hilangkan centangnya. 


Kedua membatasi layar Autocad dan penentuan satuan. Kenapa butuh pembatasan layar? Karena biasanya pemula bingung saat menggambar pertama kali, mereka kesulitan melihat gambar yang digambar alias masih belum mengetahui Gunanya pan. 

Caranya sebagai berikut, kita misalkan 1000,1000 :

Ketik : limits kemudian enter
Masukkan koordinat awal : 0,0 kemudian enter
Masukkan koordinat batas akhir layar : 1000,1000 kemudian enter
Ketik Z kemudian enter
Ketik A kemudian enter 

Yang agan musti tahu, bahwa disaat agan mengetik angka kemudian ada koma maka akan dibaca koordinat sedangkan titik akan dibaca sebagai koma dalam unit Indonesia. Sebagai contoh 20,25 akan dibaca sebagai koordinat X=20 dan Y=25 dan 20.25 akan dibaca 20 koma 25

Pada program Autocad satuan yang digunakan selalu menggunakan INCHI (bila saat install windows menggunakan time currency US namun jika settingnya Indonesia biasanya millimeter)  untuk merubahnya cukup mudah caranya sebagai berikut :

Pada menu bar klik format>units (Autocad 2007 kebawah) 


klik ikon Autocad pada pojok kiri atas drawing utilities > units (Autocad 2009 keatas) 

atau cukup ketikkan UN lalu enter maka akan tampil dialog sebagai berikut. 

Pada insertion scale pilihlah unit satuan. Misalnya millimeter. Selamat mencoba. 

Pengaturan yang ketiga yaitu agar UCS ikon berada ditempatnya. Apasih UCS ikon? Itu tu yang ada dipojok kiri bawah yang bentuknya arah panah keatas trus ada huruf Y nya ama panah arah horizontal ada huruf X nya. Maksudnya itu adalah koordinat kartesius. Koq diatur biar ditempatnya? Soalnya saat kita men-zoom (memperbesar/memperkecil) gambar UCS ikon ini ikutan gerak jadi kecil dan gede, bagi sebagian orang ini ganggu saat kerja. Caranya cukup mudah. 

Ketik UCSICON lalu enter dan akan muncul hidden menu lalu klik noorigin.

Ok sudah selesai saatnya anda bekerja dengan Autocad. 

Sekian posting di kesempatan ini semoga bermanfaat dan selamat bereksplorasi. Caooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar