Selasa, 24 Februari 2015

cara merubah skala dimensi pada autocad

hallo agan-agan, 

Bagaimana kabar hari ini? tentu baik-baik saja kan? Baiklah setelah di posting sebelumnya saya membahas tentang bagaimana menambahkan Hatch disini saya akan meneruskan pembahasan tentang dimensi. para CADer pasti pernah mengalami kesulitan disaat membuat dimensi gambar dengan skala yang kecil, seperti skala 1:20 dan seterusnya sementara kita benar-benar membuat gambar dengan ukuran yang sesuai skala. Saya pernah menemukan kasus dimana para CADer menggunakan cara-cara yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Seperti melakukan perubahan pada properties dengan cara merubah satu satu tiap dimensinya atau ada juga meng-explode dimensinya kemudian teksnya diganti. Pekerjaan seperti ini sebenarnya sangat tidak efisien. Bayangkan saja kita melakukan satu persatu perubahan propertiesnya atau kita explode dan kita rubah teksnya butuh proses yang lama bukan? untuk pemula yang pekerjaan ini bisa dibilang wajar tapi untuk yang sudah lama berkecimpung di dunia CAD ini sungguh tidak wajar. Oleh sebab itu disini saya akan memaparkan ilmu yang sudah saya dapat kepada agan-agan langkah demi langkah pembuatan dimensi berskala.


Didalam program AutoCAD sebenarnya ada pengaturan yang berhubungan dengan dimensi skalatis, namun ada beberapa CADer indonesia yang tidak mengetahui itu. Biasanya sih yang belajar otodidak yang hanya mengandalkan kemampuan membaca icon dan fungsinya. Sebenarnya sangat gampang kita cukup merubah pada Dimension Style-nya dan itu sudah cukup. Okelah mari kita bahas satu persatu tapi tidak keseluruhan ya hehe.

Pertama, pada menu bar klik menu Format maka akan muncul pilihan menu, carilah tulisan Dimension Style dan klik tulisan tersebut. Cara ini dipakai kalau agan menggunakan AutoCAD versi 2007 kebawah. Mentok kebawahnya ke versi berapa saya belum tahu karena saat saya menggunakan Cad pertama kali adalah 2007. Nah berikut adalah gambar ilustrasinya.



Sementara untuk autocad 2009 keatas atau bisa dibilang AutoCAD yang sudah menggunakan ribbon bar, agan akan menmukan bebarapa tab dan agan pilih tab Annotate, lalu pada pojok kanan di ribbon dimension agan akan menemukan icon panah klik icon tersebut. Icon tersebut adalah Dimension Properties atau yang kita tahu dengan Dimension Style. Sama hasilnya namun berbeda cara.


Setelah agan masuk kedalam Dimension Style maka akan muncul jendela seperti dibawah ini.


Kedua, perhatikan gambar diatas. Pilihlah ISO-25 atau Standard kemudian carilah tombol New dan klik tombol tersebut, maka akan muncul jendela lagi seperti gambar dibawah ini. Pada New Style Name: rubahhlah menjadi skala yang agan akan buat. Dalam ilustrasi kita buat namanya Skala 1:20 (Ralat, dalam penamaan tidak boleh ada simbol maka disini kita rubah namanya menjadi Skala 20). Setelah diganti namanya klik tombol continue.


Selanjutnya akan muncul modify dialog box, pada jendela ini akan tampil beberapa tab agan pilih tab primary units. Kemudian pada scale factor rubah menjadi 0.2 yang berarti setiap garis akan dibaca 20/100 kemudian klik Ok. Ok, skala 1:20 sudah siap digunakan.


bagaimana? mudah kan? ok selanjutnya cara menggunakannya sangat gampang, pada cad 2007 maka bisa dirubah dengan memilih Dimension Style pada toolbar. Pada versi yang lebih tinggi bisa dilihat pada tab annotate.

contoh untuk versi 2007

contoh untuk versi 2015

ini adalah contoh screenshot hasilnya. untuk merubah menjadi ukuran sebenarnya bisa kita pilih pada dropdown menu itu kembali.


Ok. cukup sekian tutorial tentang merubah skalanya, untuk merubah bentuk panah dan lain-lain bisa dilihat di tab yang lain pada dimension style. 

Selamat bereksplorasi, semoga bermanfaat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar