Selasa, 24 Februari 2015

Cara Menambahkan hatch pada Autocad

Hallo agan-agan semua

disini saya ingin berbagi sedikit ilmu tentang AutoCAD. Kali ini saya akan berbagi tentang menambahkan Hatch di AutoCAD, untuk agan yang sering memakai program ini tentu mengetahui apa itu hatch. Untuk yang belum mengetahui tentang hatch akan saya jelaskan. Hatch adalah garis arsiran yang menyimbolkan sebuah material yang digunakan dalam bidang gambar. Gambar arsiran ini sudah ada ketentuannya dan setiap negara biasanya berbeda-beda. Di indonesia ada arsiran-arsiran yang tidak didaptkan di AutoCAD untuk membuatnya terkadang kita membuat dua kali sehingga tidak efisien dalam pengerjaannya. Seperti arsiran tasram bentuknya adalah garis menyilang layaknya arsiran batu bata dan untuk pengerjaannya kita membuatnya dua kali dengan cara merubah sudutnya saja memakan waktu bukan? apalagi jika ditambah kemampuan komputer/laptop kita yang tidak memenuhi standar akan memakan waktu yang lama dalam pengerjaannya. Oleh sebab itu, disini saya akan memaparkan sedikitnya tentang pemberian arsiran yang tidak ada dalam defaultnya AutoCAD. Mau tahu step by stepnya? mari kita bahas.


pertama-tama siapkan file hatch pattern, silahkan agan cari di google keywordnya {hatch pattern} atau bisa di website dotsoft.com atau ini aja nih atau ini juga bisa. sudah agan download filenya? kalau sudah didownload filenya mari kita tambahkan hatch yang sudah didownload ke dalam program AutoCad. O iya file yang sudah agan download tadi bila masih dalam bentuk rar silahkan diekstrak terlebih dahulu karena AutoCad tidak akan membaca file tersebut. Setelah terekstrak buatlah sebuah folder untuk file agan tersebut di drive yang gampang agan cari.

Sekarang agan buka AutoCadnya, tentu bisa kan membuka program Autocad? saat sudah terbuka pada pojok kiri atas ada icon AutoCAd klik saja maka akan muncul menu seperti gambar dibawah ini. kemudian agan cari option kemudian klik tombol tersebut (untuk 2009 keatas) atau agan bisa juga mengetik OP lalu teken enter hasilnya akan sama saja.



Setelah anda klik tombol option atau mengetok OP lalu Enter maka akan keluar jendela optionnya seperti ini. Dimana anda akan menemukan beberapa tab menu files, Display, open dan lain-lain. Untuk saat ini karena yang kita bahas adalah Hatch maka abaikan semua tab-tab tersebut.















Lihatlah gambar diatas itu adalah jendela option. untuk pertama kali kita buka akan otomatis masuk kedalam tab files, kita biarkan saja tetap pada tab files, lalu  agan klik tanda plus pada tulisan support file search Path atau hanya cukup klik tulisannya saja, kemudian klik browse yang berada di sebelah kanan atas maka akan muncul jendela Browse File Folder. Agan masih ingat dimana agan simpan file hatch yang sudah gan download tadi? kalau sudah tahu dimana foldernya silahkan agan pilih folder tersebut. Inilah mengapa kita masukkan kedalam folder karena saat kita membuka AutoCAD folder tersebut akan dibaca sebagai tujuan resource. Jika sudah selesai agan klik tombol Apply untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Sekarang agan bisa menikmati hatch yang sudah agan pasang tadi. Untuk mengeceknya silahkan matikan program lalu agan buka kembali program AutoCAD agar file hatch di muat dalam program. Kemudian untuk pengecekan silahkan agan buka hatch apakah sudah ada tambahan daftar hatch. Jika sudah ada berarti agan sudah berhasil menambahkan file hatch tersebut. Jika belum ada silahkan agan ulangi cara diatas hingga bener bener berhasil.

Oke agan-agan kita cukupkan dulu sampai disini. Semoga bermanfaat, selamat bereksplorasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar