Rabu, 04 Maret 2015

Membuat Arsiran Keramik Berskala di Autocad

Hallo agan-agan,

Wuih udah lama juga gak nge-post. Kali ini saya akan tentang bagaimana caranya membuat arsiran keramik yang skalatis di AutoCAD menggunakan hatch tentunya. Mungkin ada yang bertanya emang bisa pakai hatch namun skalatis? jawabannya tentu bisa. Ada beberapa CADer yang membuat arsiran keramik dengan cara yang berbeda, apa itu? mereka menggunakan manipulasi dengan cara meng-Array sebuah garis yang diletakkan pada garis vertikal dan horizontal. Tentu saja ini memakan waktu dan sangat tidak efisien. Lalu bagaimana solusinya biar tidak menggunakan cara lama tersebut? solusinya hanya melakukan beberapa perubahan besaran nilai pada properties hatch saja. Penasaran bagaimana cara melakukan perubahan itu? Baiklah tanpa banyak basa-basi lagi saya akan bagaimana caranya merubah arsiran keramik yang skalatis menggunakan cara yang lebih mudah ketimbang cara array yang tidak efisien dan berulang ulang.

Pertama-tama kita buat sebuah gambar persegi atau boleh yang lain. Gambar persegi ini nanti berguna sebagai pembuktian apakah arsiran tersebut benar-benar terskalakan dan sesuai yang kita inginkan atau tidak. Kita misalkan dengan membuat gambar persegi dengan ukuran 100x100 satuan. Kebiasaan orang Indonesia kalau tidak ada bukti maka dibilang hoax hehe (bercanda aja gan). Lebih tepatnya gambarnya sebagai berikut.


Setelah agan selesai membuat gamabr persegi tersebut, saatnya kita lakukan perintah hatch dengan meng-klik icon (gambar Icon-nya ada dibawah) atau agan cukup mengetikkan hatch lalu enter.
kemudian akan muncul dialog box seperti gambar dibawah ini.



Untuk CADer yang menggunakan Autocad versi 2009 keatas yang akan muncul bukan dialog box seperti diatas melainkan tab tambahan yang terletak pada ribbon menu. Untuk menampilkan dialog ini bisa didapat dengan cara meng-klik ikon panah pada options yang ada pada tab tambahan tersebut. Gambar dibawah ini adalah ilustrasinya.


Untuk CADer pengguna AutoCAD versi 2009 keatas tidak perlu repot-repot menampilkan dialog box ini karena menu dari dialog ini sudah ada pada tab tambahan. Hanya saja berbeda dan tidak se-detail apabila kita menggunakan dialog box ini. Karena tidak se-detail cara yang lama maka kita gunakan saja cara yang lama. Selain kita belajar cara yang dasar kita juga tidak membiasakan bermanja dengan kemudahan yang diberikan pada CAD versi 2009 keatas. Karena pada suatu saat kita pasti akan mengalami kesulitan jika yang kita tahu adalah cara yang instan.

Setelah muncul dialog box-nya lakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Pada tab Hatch ada kotak Type, rubahlah predefinied menjadi user defined dengan cara klik kotak tersebut dan pilih pada dropdown menunya. Gunanya adalah agar berubah hanya menjadi garis lurus saja dan arahnya horizontal. Kemudian muncul pertanyaan, koq hanya horizontal saja kan yang kita bahas keramik? Untuk menjawabnya lanjut ke langkah kedua.
  2. Berikan checklist di kotak double dan isi spacing dengan ukuran keramik yang diinginkan dalam contoh ini kita isi dengan 30. Nah cheklist double inilah yang akan membuat satu lagi garis vertikal. Sudah terjawab bukan??
  3. Kemudian pindahlah tanda Use current origin ke specified origin. Berikan tanda checklist pada default to boundary extents, lalu pilih center. Kenapa center? Karena kita akan memulai garisnya dari tengah bukan dari yang lain. Jika agan ingin merubah kemiringannya agan cukup merubahnya pada kolom angle. Di kolom ini agan akan diberikan dropdown menu berapa besaran derajat kemiringan yang agan inginkan.
Untuk lebih jelasnya silahkan agan lihat gambar dibawah ini:


Sudah? kalau agan sudah merubahnya, untuk pembuktian klik tombol Add Pick points dan agan arahkan ke dalam area persegi yang sudah kita buat tadi. Setelah agan arahkan lalu klik dan Enter. Maka agan akan kembali ke dialog box yang tadi. Setelah itu agan cukup klik ok dan selesai. Hasilnya seperti dibawah ini.


taraaaaa! sudah jadi arsiran kita. Ehm masih ada yang gak percaya ini sudah skalatis? oke untuk membuktikannya mari kita ledakkan (eh explode maksudnya) arsiran ini. dengan cara klik arsirannya kemudian klik ikon explode atau ketik explode lalu enter maka arsiran tadi akan berubah menjadi garis-garis yang terpisah. Setelah itu check dengan memberi dimensi.

Bagaimana??sudah percaya?? hehehe, mulai sekarang agan tidak perlu lagi repot-repot pake command array. mantap kan??

Baiklah kita cukupkan tutorial kali ini semoga bermanfaat dan silahkan bereksplorasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar